Profil Businesmann

Merry Sejuta Dolar

Banyak orag-orang di negara tercinta kita ini sukses menjadi entrepeneurship. Pasti tidaklah asing dengan semboyan “Mimpi Sejuta Dolar”. Seorang perempuan pada usia 26 tahun berhasil meraih 1 juta dolar. Siapakah dia?

merry-riana

Nama: Merry Riana

Tempat/tanggal lahir: Jakarta, 29 Mei 1980

Pekerjaan: Motivator, Penulis, Pengusaha, Aktris

Agama: Katolik

Almamater: Nanyang Technological University, Singapura

Suami: Alva Christoper Tjenderasa

Anak: Alvernia Mary Liu, Alvian Mark Liu

Orangtua: Ir. Suanto Sosrosaputro (Ayah), Lynda Sanian (Ibu)

Merry Riana adalah putra sulung dari 3 bersaudara. Profesi orangtuanya adalah berbisnis dan ibu rumah tangga. Ia memulai studinya di SD Don Bosco Pulomas, SMP Don Bosco Pulomas, SMA Santa Ursula. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan studi di Universitas Trisakti jurusan Teknik Elektro. Namun pada tahun 1998 terjadi keusuhan di Universitas Trisakti, ia tidak melanjutkan studi di Universitas Trisakti karena menghindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Orangtunya megirim Merry Riana ke Singapura untuk melanjutkan studi di Nanyang Technological University (NTU).

Merry Riana pergi ke Singapura tanpa memiliki finansial yang cukup. Ia berhutang kepada Pemerintah Singapura sebesar 40.000 dollar Singapura dan harus dilunasi setelah lulus kuliah dan bekerja. Dari permasalahan tersebut, Merry Riana bertekad mencari penghasilan di luar. Ia tidak memiliki dasar berbisnis, namun ia berjuang dengan mengikuti seminar-seminar dan komunitas di kampusnya yang berhubungan dengan bisnis agar memiliki ilmu berbisnis. Selain itu, untuk mendapat penghasilan ia menjadi penjaga toko bunga, menyebarkan brosur, bekerja sebagai Bonquet di hotel.

….Saya membuat resolusi ketika ulang tahun ke-20. Saya harus punya kebebasan finansial sebelum usia 30. Dengan kata lain, harus jadi orang sukses. The lowest point in my life membuat saya ingin mewujudkan mimpi tersebut, – Merry Riana.

Sumber: http://www.biografiku.com/2013/02/biografi-merry-riana-motivator-wanita.html

Itulah tekad dari seorang Merry Riana ketika menyadari di tahun kedua kuliah tidak ada perubahan yang lebih baik.  Ia mencoba bisnis jasa membuat skripsi, MLM, bermain saham, dan semuanya berujung kegagalan. Bahkan rugi $10.000 pada saat bisnis saham. Pada saat itu ia terpuruk, mental sangat jatuh. Namun ia mampu bangkit lagi demi cita-citanya pada usia 30 tahun harus memiliki kebebasan finansial. Ia belajar tentang sistem pasar. Setelah itu ia mendalami ilmu industri perencanaan keuangan.

Setamat kuliah, ia bersama Alva Tjenderasa (yang kini menjadi suaminya) pada saat itu statusnya masih teman sekaligus partner bisnisnya. Mereka memulai usaha bersama. Merry memulai usaha dari penjualan di bidang jasa keuangan. Kemudian ia menjadi penasihat keuangan, namun dosen, orangtua, dan teman-temannya kurang setuju dengan hal tersebut. Pada saat yang bersamaan, ia belum menguasai bahasa Mandarin di mana Singapura adalah berpenduduk yang 50% menggunakan bahasa Mandarin. Merry tetap bersemangat dan bangkit dengan terbatasnya relasi. Ia bekerja menyebar brosur asuransi di dekat halte bus dan stasiun selama 14 jam sehari. Ia sering pulang pukul 02.00 dini hari.

Usaha keras Merry menghasilkan buah yang sangat manis, ia sukses sebagai Financial Consultant yang menjual produk-produk keuangan dan perbankan seperti asuransi, kartu kredit, deposito, tabungan, dan lain sebagainya di Prudential. Pada 6 bulan pertama di karirnya, ia berhasil melunasi hutangnya sebesar 40.000 dollar Singapura.

merry-riana-mimpi-sejuta-dolar

Tepat satu tahun berkarir, ia berhasil mendapatkan penghasilan sebesar 200.000 dollar Singapura atau sekitar 1,5 Milyar Rupiah. Merry  juga mendapat Penghargaan Penasihat Baru Teratas yang menekuni profesi penasihat keuangan pada tahun 2003. Tahun 2004 prestasi Merry yang luar biasa membuatnya dipromosikan sebagai manajer. Kemudian Merry memulai bisnisnya sendiri setelah diangkat menjadi manajer dengan menyewa kantor dan memiliki karyawan sendiri. Ia mendirikan MRO (Merry Riana Organization) yaitu sebuah perusahaan jasa keuangan. Selain itu ia juga mendirikan MRO (Merry Riana Organization) Consultancy yang bergerak di bidang pelatihan, motivasi, dan percetakan buku yang berbasis di Singapura.

Keinginan Merry ingin memberikan dampak positif kepada sejuta orang di Asia. Dan itu terwujud pada saat ulang tahun ke-30. Tahun 2005 ia menerima penghargaan Top Agency of the Year dan juga penghargaan Top Rookie Agency. Sampai saat ini Merry Riana memberikan motivasi, melatih ribuan profesional dan eksekutif dalam bidang penjualan, motivasi dan pemasaran. Dalam perusahaannya, ia menaungi 40 penasihat keuangan yang berusia antara 21- 30 tahun. Merry Riana juga menerbitkan buku “Mimpi Sejuta Dolar” yang menjadi best seller di Indonesia karena isinya yang memberikan motivasi yang luar biasa kepada para pembaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s